iklan

Wednesday, 6 February 2013

contoh laporan psg smkn 01 nanga pinoh


BAB 1
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PSG                                                                                                                                            

Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau mungkin lebih dikenal dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang di peroleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional.

PSG (Pendidikan Sistem Ganda) merupakan hal yang wajib untuk dilakukan oleh sekolah kejuruan khususnya SMK Negeri 01 Nanga Pinoh maka oleh sebab itu guna meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas handal pemerintah memberikan undang –undang kepada sekolah kejuruan guna meningkatkan sumber daya manusia tersebut.
Didalam PSG (Pendidikan Sistem Ganda) kita akan dapat melihat sistem kerja dimana kita melaksanakan PSG, karena mempunyai pengalaman ketika kita nantinya bekerja.
Dengan melaksanakan PSG (pendidikan sistem ganda) kita akan merasa dilatih dalam sikap mental dan berbagai hal,  sehingga benar-benar menjadi matang dan lebih disiplin dalam membangu jati diri sebagai manusia yang betul-betul berkualitas. Maka dari itu, penulis mengambil judul “Prosedur Mengagendakan Surat Masuk di bidang  Pembinaan Pengendalian dan Perawatan Teknis (P3T)” Kabupaten Melawi.

B.       MASALAH
Adapun masalah yang penulis angkat dalam menyusun laporan ini adalah :
“Bagaimanakah prosedur mengagendakan surat masuk di bidang Pembinaan Pengendalian dan Perawatan Teknis (P3T) pada kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Melawi” ?

C.       TUJUAN PENULISAN
Berdasarkan dari latar belakang diatas, maka tujuan penulisan laporan adalah sebagai berikut :

v  Tujuan umum :
a)    Agar penulis siap bekerja setelah selesai melaksanakan pendidikan.
b)   Sebagai salah satu pertanggung jawaban dari hasil Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
v  Tujuan khusus :
a)    Untuk mengembangkan kreatifitas penulis
b)   Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN)  / Ujian Akhir Sekolah (UAS).

D.      MANFAAT PENULISAN
Adapun manfaat penulisan laporan ini antara lain :
a.    Bagi penulis
Agar penulis dapat mengerti dan memahami secara langsung bagai mana cara bekerja di dunia kerja.
b.    Bagi pembaca
Agar pembaca lebih mengerti dan memahami suatu kegiatan yang terjadi di instansi dan masalah apa saja yang dihadapi di instansi.
c.    Bagi Sekolah
                        Sebagai bahan evaluasi bagi sekolah untuk mengetahui berhasil atau tidaknya anak  didiknya, dengan demikian sekolah dapat meningkatkan kualitas anak didiknya dalam melaksanakan kegiatan PSG selanjutnya.

E.       METODE PENGUMPULAN DATA

Adapun metode pengumpulan data yang penulis lakukan dalam membuat laporan ini,sebagai berikut :
1.    INTERVIEW /WAWANCARA
Dalam hal ini penulis mewawancarai langsung salah seorang pegawai dibagian Pembinaan Pengendalia dan Perawatan (P3T) tentang bagaimana cara mengagendakan surat masuk pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Melawi.
2.    OBSERVASI/PENGAMATAN LANGSUNG
Dalam hal ini penulis mengamatan langsung salah seorang pegawai dibagian Pembinaan Pengendalia dan Perawatan (P3T) tentang bagaimana cara mengagendakan surat masuk pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Melawi.
3.      METODE EKSPERIMEN
Dalam hal ini penulis mempraktekan langsung bagaiman cara mengagendakan surat masuk di bagian P3T Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Melawi.

F.        TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

Dalam pendidikan sistem ganda (PSG) ini, tempat pelaksanaan dilakukan pada Kantor Pekerjaan Umum (PU) di bidang  Pembinaan Pengendalian dan Perawatan Teknis (P3T) Kabupaten Melawi, dan waktu pelaksanaanya dimulai dari tanggal 1 Juli s/d 30 September 2012.

















BAB II
PEMBAHASAN

A.       GAMBARAN UMUM
Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Melawi adalah salah satu Unit Kerja Pemerintah Kabupaten Melawi yang dibentuk berdasarkan Keputusan                   Bupati Melawi No. 12  Tahun 2008 tentang Struktur Organisasi. Tugas Pokok fungsi dan tata kerja Pekerjaan Umum.
Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Melawi suatu Instansi Pemerintah yang bertujuan memberikan pelayanan publik bagi setiap pekerjaan pemerintah yang bersifat umum seperti pembangunan jalan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi yang mempunyai kepentingan dalam kegiatan kedinasan dan juga merupakan pusat tempat pengolahan data-data. Adapun visi dan misinya, yaitu :
VISI
  “Menjadi institusi yang handal dan profesional dalam penyediaan infrastruktur pekerjaan umum Kalimantan Barat yang diselenggarakan secara terpadu dan berkelanjutan”.

MISI
“Menyediakan pembangunan sarana dan prasarana permukiman guna menciptakan permukiman yang layak, sehat dan terjangkau serta mendorong pengembangan wilayah/kawasan tertentu”.














B.       STRUKTUR ORGANISASI























C.       PEMBAHASAN MASALAH
Untuk meningkatkan aktifitas pekerja kantor dapat ditunjukan oleh berbagai aspek dn masalah,yang harus di terapkan dalam pencapaian tujuan kantor. Salah satu aspek tersebut adalah mengenai pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang mana memiliki kedudukan sangat penting dalam setiap kegiatan kantor.
Proses mengelola surat masuk yang dilakukan dengan baik dan benar,teratur sistematis, dan terprogram. Mengelola arsip dilakukan dengan berbagai macam cara yang disesuaikan dengan suatu organisasi kantor. Dalam pelaksanannya,mengelola arsip dilakukan dengan cara sistem buku agenda.
a.       Pengertian surat

Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan suatu informasi atau pemberitahuan tentang kegiatan atau masalah.
b.      Mengagendakan surat masuk
Surat masuk ialah surat yang diterima dari instansi lain yang ditujukan ke instansi yang bersangkutan.
Langkah – langkah mengagendakan surat masuk adalah sebagai berikut :
1.    Pada saat kita menerima surat masuk yang pertama kali kita lakukan adalah menyeleksi surat tersebut kedalam buku ekspedisi interen.
2.    Kemudian mengisi dan mencatat surat masuk dalam agenda surat berupa nomor surat, tanggal, perihal dan paraf.
3.    Setelah itu surat diserahkan ke bagian yang dituju untuk ditindak lanjuti.
4.    Surat diarsipkan kedalam Gobi.
BAGAN






D.      KEGIATAN

Minggu ke-1 tanggal 02 s/d 05 Juli 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


-

-

-

SELASA

07.30

Perkenalan diri
Sapu, ngepel, mengisi buku agenda
Upacara sore

15.00

RABU


07.30

Upacara pagi, mengarsipkan surat keluar
Mengagendakan surat masuk
Upacara sore

15.00

KAMIS

07.00
08.32
12.00
Membereskan ruangan
Mengagendakan surat masuk & keluar
Istirahat pulang

15.00

JUM’AT


07.00

Senam bersama
Bersih – bersih seluruh kantor


11.43

Minggu ke-2 tanggal 09 s/d 13 bulan Juli 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN

08.00

Mengagendakan surat keluar
Fotocopy
Mengarsipkan surat keluar

14.00

SELASA

07.25

Memberikan nomor surat masuk
Mengagendakan surat masuk

15.00

RABU


07.37


Membuat laporan kegiatan kerja

15.00

KAMIS


07.25


Isi buku surat masuk

14.40

JUM’AT


07.12

Senam bersama
Bersih – bersih seluruh kantor

13.00










Minggu ke-3 tanggal 16 s/d 20 Juli 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.20

Beres – beres dan ngepel
Mengisi buku agenda

14.30

SELASA


07.50

Disuruh ambil absen & ngeprint
Mengarsipkan surat asuk

14.20

RABU


07.30

Antar surat dan isi surat masuk
Mengagendakan surat keluar

14.25

KAMIS

07.50
11.21
Nyapu, cuci gelas
Ngetik dan disuruh ke warung

15.00

JUM’AT


07.00

Senam bersama
Kerja bakti

13.45
    
Minggu ke-4 tanggal 23 s/d 27 Juli 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.30


Menyusun berkas – berkas

14.25


SELASA


07.45


Mengagendakan surat masuk

14.00

RABU


08.00


Mengisi absen

14.00

KAMIS


09.00


Membuat struktur

14.25

JUM’AT

08.15
10.00
Cuci gelas
Kerja bakti

12.00
    














Minggu ke-5 tanggal 30 s/d 03 Agustus 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.30


Menyusun berkas

14.15

SELASA

08.00
10.11
Meyapu dan upacara pagi
Mengagendakan surat masuk

15.00

RABU


07.15


Memasukkan surat masuk ke gobi

12.00

KAMIS


08.00


Upacara pagi


12.00

JUM’AT


-

-

-


Minggu ke-6 tanggal 06 s/d 10   Agustus 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.30


Mengagendakan surat masuk

14.00

SELASA


07.30

Upacara pagi
Mengarsipkan surat masuk

15.00


RABU


07.25


Mencatat surat masuk

14.00

KAMIS


07.15

Upacara pagi
mengisi surat keluar

15.00

JUM’AT


07.00

Senam pagi
Kerja bakti

12.00















Minggu ke-7 tanggal 13 s/d 17 Agustus 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.30


Mengagendakan surat keluar

14.25

SELASA


08.00

Upacara pagi
Mengisi surat masuk

14.00

RABU


07.00


Fotocopy

14.00

KAMIS


08.00

Upacara pagi
Mengagendakan surat masuk

15.00

JUM’AT


07.00

Senam pagi
Kerja bakti

14.30

Minggu ke-8 tanggal 20 s/d 24 Agustus 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN



LIBUR



SELASA



LIBUR


RABU



LIBUR


KAMIS

07.15
08.25
Upacara pagi
Mengagendakan surat masuk

15.00

JUM’AT


07.30
Mengisi surat masuk
Kerja bakti

14.25















Minggu ke-09 tanggal 27 s/d 31 Agustus 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.30


Mengisi no pin

14.00

SELASA


07.30

Mengisi surat kontrak
Mengagendakan surat masuk

15.00

RABU

07.30


Mengisi surat keluar

12.00

KAMIS


07.15

Upacara pagi
Mengisi surat masuk

15.00

JUM’AT


09.00

Senam pagi
Kerja bakti

14.00

Minggu ke-10 tanggal 03 s/d 07 September 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.30


Mengisi buku ekspedisi

14.25

SELASA


07.45

Upacara pagi
mengisi surat masuk
mengagendakan surat masuk

15.00

RABU


08.00


Mengisi surat masuk

14.25


KAMIS


09.00

Upacara pagi
Mengisi buku agenda

14.25

JUM’AT


08.10

Senam pagi
Kerja bakti

12.00















Minggu ke-11 tanggal 10 s/d 14 September 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.15

Mengisi buku ekspedisi

14.00

SELASA


07.15
Upacara pagi
Mengisi surat dipoisisi kabid p3t
mengisi surat masuk

15.00

RABU


07.15
Mengisi surat masuk
Mengagendakan surat keluar

14.25


KAMIS


07.15
Upacara pagi
Mengisi buku agenda surat masuk

15.00

JUM’AT


06.00
Senam pagi
Kerja bakti

14.00

Minggu ke-12 tanggal 17 s/d 21 bulan September 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.15

Mengisi buku ekspedisi

14.00

SELASA


07.15
Upacara pagi
Mengisi surat dipoisisi kabid p3t
Mengagendakan surat masuk

15.00

RABU


07.15
Mengisi surat masuk
Mengantar surat

14.25


KAMIS


07.15
Upacara pagi
Mengagendakan surat masuk & keluar

15.00

JUM’AT


06.00
Senam pagi
Mengagendakan surat masuk
Mengarsipkan surat masuk

14.00










Minggu ke-13 dari tanggal 24 s/d 28 bulan September 2012
HARI
JAM
MASUK

KEGIATAN
JAM
PULANG

SENIN


07.15

Mengisi buku ekspedisi

14.00

SELASA


07.15
Upacara pagi
Mengagendakan surat keluar
Mengarsipkan surat keluar

15.00

RABU


07.15

Mengisi surat masuk

14.25


KAMIS


07.15
Upacara pagi
Mengisi buku agenda

15.00

JUM’AT


06.00
Senam pagi
Mengantar surat

14.00
















BAB III
PENUTUP

A.       KESIMPULAN
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau mungkin lebih dikenal dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang di peroleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional.
Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan suatu informasi atau pemberitahuan tentang kegiatan atau masalah. Adapun prosedur mengagendakan surat masuk di bidang Pembinaan Pengendalian dan Perawatan Teknis (P3T) Kabupaten Melawi yang dihadapi yakni sebagai berikut :
·      Mengagendakan surat masuk
Surat masuk ialah surat yang diterima dari instansi lain yang ditujukan ke instansi yang bersangkutan. Fungsi pengagendaan untuk bukti data informasi jika suatu saat surat file tersebut diperlukan.

B.       SARAN
Adapun saran yang dapat di berikan dengan kekurangan di atas adalah :
·        Untuk sekolah
Ø  Bagi siswa yang melaksanakan PSG harus lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan selama pelaksanaan PSG.
Ø  Bagi guru pembimbing kunjungan terhadap anak didiknya yang sedang melaksanakan PSG harus lebih sering dikunjungi agar tidak terjadi kebebasan pada saat melaksanakan PSG.
·        Untuk instansi
Ø Diharapkan setiap karyawan saling menyapa satu sama lain agar dapat meningkatkan kualitas kerja yang lebih baik.



ISTILAH

1.        Lembar disposisi        =     Petunjuk singkat tentang tindak lanjut (penyelesaian) terhadap suatu urusan atau surat masuk.
2.        Kop surat                  =     Bagian teratas pada sebuah lembaran surat. Kop surat biasanya terdiri atas nama, alamat, dan logo dari pemilik surat yang bersangkutan. Kadang logo diletakkan pada bagian latar belakang surat.

















LAMPIRAN

1.        LEMBAR DISPOSISI
2.        ISI SURAT




No comments :

Post a Comment