iklan

Monday, 18 February 2013

kliping permintaan dan penawaran


KLIPING PERMINTAAN DAN PENAWARAN
PERMINTAAN
https://ifyourspeechdoesnotenoughanymore.files.wordpress.com/2012/03/yk-pasar-ngasem1.jpg
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Singkatnya permintaan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.


Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2011/03/Harga_Pasar_10.jpg
1. Harga barang itu sendiri

Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRP398XElUAJE82AFfGzxYyn6CjtviXwQmxNS00Flk3EA206eUr

2. Harga barang lain yang terkait

 Berpengaruh apabila terdapat 2 barang yang saling terkait yang keterkaitannya dapat bersifat subtitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).

3. Tingkat pendapatan perkapita
Dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.
4.Selera atau kebiasaan
Tinggi rendahnya suatu permintaan ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.
5.Jumlah penduduk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0d1pGZZSyvxArD1yKNnkYEr6DaBhYgZROsuxWR9dCLTawhwOkJV-JHo4005PVPROFmOHTO8v6kNQrxXi6Wh4xWIQ6AfSK5S-ba7g-f5T4Olb-1hg_LlbX2iFJ0vGpmjhh4Mcdpkm6Lg0/s400/penduduk_indonesia.jpg
 Semakin banyak jumlah penduduk yang mempunyai selera atau kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu, maka semakin besar permintaan terhadap barang tersebut.

6.Perkiraan harga di masa mendatang
Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang tersebut sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa depan.
7.Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan perkapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.



8.Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.
Bujukan para penjual untuk membeli barang besar sekali peranannya dalam mempengaruhi masyarakat. Usaha-usaha promosi kepada pembeli sering mendorong orang untuk membeli banyak daripada biasanya.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.”


Kurva Permintaan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5BStR1NqVGcwOL7rHVRg_XGIYG9WP8LFZMQb-peD8T45SXPcZ17caK2lJ7gioyNOCnqPriJ4SEuHI1oTOVJ5_qixC8hShG90823XgNvhFrQKsuyv0po7u0KbqMcJSRvPeo5EbMRzpSFw/s320/gambar+2.JPG
Kurva Permintaan dapat didefinisikan sebagai :

“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.

Teori Permintaan, Dapat dinyatakan :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmSnnlN7CNrfRHvL16-RK54wrs0BkrYx4TWn2L0Tph3uhatZRIu_tWk2lbnJ1TEXvvXYqWErCywx4ZB7XnWayoNCBMmgF30DhaPKps5WLT2ydnknJz1AGw_ikugWURPpiMBzVmSD_xBPs/s320/gambar+5.JPG
“Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harganya yaitu apabila permintaan naik, maka harga relatif akan naik, sebaliknya bila permintaan turun, maka harga relatif akan turun.”

Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva permintaan

- Faktor harga
Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi makin tinggi atau makin menurun.


- Faktor bukan harga

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGtzBpwy_fp9eNx2eJpZrvF9yqQTOq_mDpHZdrN8AdTKzxd1LUg2aHQnBMRGn0opeJ6UB62mQT_DNJvCmExxAvolEf3KIbfjCkm7LGhl4jiXglc1BcWqK-akU4kWdE4ZvxNTvIt52viJM/s320/gambar+6.JPG
Kurva permintaan kan bergerak keka Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi makin tinggi atau makin menurun.nan atau kekiri apabila terdapat perubahan-perubahan terhadap permintaan yang ditimbulkan oleh factor-faktor bukan harga, sekiranya harga barang lain, pendapatan para pembeli dan berbagai faktor bukan harga lainnya mengalami perubahan, maka perubahan itu akan menyebabkan kurva permintaan akan pindah ke kanan atau ke kiri.





PENAWARAN
http://soerya.surabaya.go.id/AuP/e-DU.KONTEN/edukasi.net/SMP/Ekonomi/Permintaan%20dan%20Penawaran/images/hal10.jpg
 Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan atau jual pada bebrbagai tingkat harga selama satu periode waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:

1. Harga barang itu sendiri
MELAKUKAN PENAWARAN
 
Jika harga suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal ini kembali lagi pada hokum penawaran.

2. Harga barang lain yang terkait
Apabila harga barang subtitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya. Sedangkan untuk barang complement, dapat dinyatakan bahwa apabila harga barang komplemen naik,  maka penawaran suatu barang berkurang, atau sebaliknya.
3. Harga faktor produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap yang nantinya akan mengurangi laba perusahaan sehingga produsen akan pindah ke industry lain dan akan mengakibatkan berkurangnya penwaran barang.
4. Biaya produksi
Kenaikan harga input juga mempengaruhi biaya produksi. Bila biaya produksi meningkat, maka produsen akan menbgurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang berkurang.
5. Teknologi produksi

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTgFArcYGoli8EyI0467zUgJ8g1YDZ3w7tCPQdNviJ3m8CSGR-x
 Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi, dan menciptakan barang-barang baru sehingga menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.


6. Jumlah pedagang/penjual
http://www.mediaindonesia.com/public/gallery/large/2012_12_04_10_31_15_zpedagang1B.jpg
 Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.



7. Tujuan perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba buka hasil produksinya. Akibatnya tiap produsen tidak berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya secara malksimum, tetapi akan menggunakannya pada tingkat produksi yang akan memberikan keuntungan maksimum.
8. Kebijakan pemerintah

Kebijakan pemerintah untuk mengurangi komoditas impor menyebabkan supply dan keperluan akan kebutuhan tersebut dipenuhi sendiri sehingga dapat meningktakan penawaran.


Hukum Penawaran
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
Kurva Penawaran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTPW-OhyphenhyphensQS9ZTPvWw0YtVc2ce5II-0A_67EsVM2wXJ6kaCsC8Mx3FkrnqwQov3uaMahAsqSCNwPW0VkE-DGpDuH_Ws7-aMyFFVSujyzE1ebt0fClk0OMJCiAuUffhsJdhWBjcpOHKaiI/s320/gambar+9.JPG
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :

“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
- Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
- Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas.
- Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.

Teori Penawaran

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEFUU4eFpuo7ekn7bKCvH5Mxao81aoTpIItLzqbmqA6FkXIiO326LBPfLQ5M41-vbG13Z-nwjsutjJqBqFBddjWmBQ8aEmoOslEK-0R94zaXlJ4w1U9nUCDpPhlJPvb647mRS7Z3U7Er8/s320/gambar+12.JPG
Yaitu teori yang menerangkan sifat penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.

Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva penawaran
- Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
- Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas
- Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar





No comments :

Post a Comment