KLIPING PERMINTAAN DAN
PENAWARAN
PERMINTAAN
Permintaan
adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga
selama periode waktu tertentu. Singkatnya permintaan adalah banyaknya jumlah
barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu
pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan:
1.
Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang
semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.
2. Harga barang lain yang terkait
Berpengaruh apabila terdapat 2 barang yang
saling terkait yang keterkaitannya dapat bersifat subtitusi (pengganti) dan
bersifat komplemen (penggenap).
3. Tingkat pendapatan
perkapita
Dapat mencerminkan daya
beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga
permintaan terhadap suatu barang meningkat.
4.Selera atau kebiasaan
Tinggi rendahnya suatu
permintaan ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu
masyarakat.
5.Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk yang mempunyai
selera atau kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu, maka semakin besar
permintaan terhadap barang tersebut.
6.Perkiraan harga di
masa mendatang
Bila kita memperkirakan
bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang tersebut
sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna
menghemat belanja di masa depan.
7.Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan
perkapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan
buruk. Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah,
sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.
8.Usaha-usaha produsen
meningkatkan penjualan.
Bujukan para penjual
untuk membeli barang besar sekali peranannya dalam mempengaruhi masyarakat.
Usaha-usaha promosi kepada pembeli sering mendorong orang untuk membeli banyak
daripada biasanya.
Hukum Permintaan
Hukum permintaan pada
hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan
harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga
meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya
apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
Kurva Permintaan
Kurva Permintaan dapat didefinisikan
sebagai :
“Suatu kurva yang
menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah
barang tersebut yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis
barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian
disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang
mempunyai sifat hubungan terbalik.
Teori Permintaan, Dapat dinyatakan :
“Perbandingan lurus antara permintaan
terhadap harganya yaitu apabila permintaan naik, maka harga relatif akan naik,
sebaliknya bila permintaan turun, maka harga relatif akan turun.”
Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva
permintaan
- Faktor harga
Perubahan sepanjang
kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi makin tinggi
atau makin menurun.
- Faktor bukan harga
Kurva permintaan kan bergerak keka
Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta
menjadi makin tinggi atau makin menurun.nan atau kekiri apabila terdapat
perubahan-perubahan terhadap permintaan yang ditimbulkan oleh factor-faktor
bukan harga, sekiranya harga barang lain, pendapatan para pembeli dan berbagai
faktor bukan harga lainnya mengalami perubahan, maka perubahan itu akan
menyebabkan kurva permintaan akan pindah ke kanan atau ke kiri.
PENAWARAN
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen
ingin tawarkan atau jual pada bebrbagai tingkat harga selama satu periode waktu
tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
1. Harga barang itu
sendiri
|
Jika harga suatu barang
naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal
ini kembali lagi pada hokum penawaran.
2. Harga barang lain
yang terkait
Apabila harga barang
subtitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya.
Sedangkan untuk barang complement, dapat dinyatakan bahwa apabila harga barang
komplemen naik, maka penawaran suatu
barang berkurang, atau sebaliknya.
3. Harga faktor
produksi
Kenaikan harga faktor
produksi akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit dengan
jumlah anggaran yang tetap yang nantinya akan mengurangi laba perusahaan
sehingga produsen akan pindah ke industry lain dan akan mengakibatkan
berkurangnya penwaran barang.
4. Biaya produksi
Kenaikan harga input
juga mempengaruhi biaya produksi. Bila biaya produksi meningkat, maka produsen
akan menbgurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang berkurang.
5. Teknologi produksi
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya
produksi, dan menciptakan barang-barang baru sehingga menyebabkan kenaikan
dalam penawaran barang.
6. Jumlah
pedagang/penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu
semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7. Tujuan perusahaan
Tujuan perusahaan
adalah memaksimumkan laba buka hasil produksinya. Akibatnya tiap produsen tidak
berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya secara malksimum, tetapi akan
menggunakannya pada tingkat produksi yang akan memberikan keuntungan maksimum.
8. Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah
untuk mengurangi komoditas impor menyebabkan supply dan keperluan akan
kebutuhan tersebut dipenuhi sendiri sehingga dapat meningktakan penawaran.
Hukum Penawaran
“Semakin tinggi harga
suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para
penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah
barang tersebut yang ditawarkan.”
Kurva Penawaran
Kurva penawaran dapat didefinisikan
sebagai :
“Yaitu suatu kurva yang
menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang
tersebut yang ditawarkan”.
- Kalau penawaran
bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke
kiri atas.
- Kalau berkurang kurva
supply bergeser ke kiri atas.
- Terbentuknya harga
pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.
Teori Penawaran
Yaitu teori yang menerangkan sifat
penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.
Faktor-faktor yang
dapat menggeser kurva penawaran
- Kalau penawaran
bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke
kiri atas.
- Kalau berkurang kurva
supply bergeser ke kiri atas
- Terbentuknya harga
pasar ditentukan oleh mekanisme pasar
No comments :
Post a Comment