iklan

Sunday 27 April 2014

ringkasan statistik dan statistika

Pengertian Statistik Dan Statistika
Statistik merupakan kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam table dan atau diagram yang melukiskan suatu persoalan, Sedangkan untuk Pengertian Statistika itu sendiri berarti Ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi dan mempresentasikan data.

  ` Kegunaan Statistika
-        Membantu penelitian dalam menggunakan sampel sehingga penelitian dapat bekerja efisien dengan hasil yang sesuai dengan obyek yang ingin diteliti
-        Membantu penelitian untuk membaca data yang telah terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat
-        Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya atas obyek yang diteliti
-        Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya
-        Membantu peneliti dalam menentukan prediksi untuk waktu yang akan datang
-        Membantu peneliti dalam melakukan interpretasi atas data yang terkumpul (M.Subana dkk, 2000;14)
-        Pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil pembangunan masa lalu dan merencanakan masa mendatang
-        Pimpinan menggunakannya untuk pengangkatan pegawai baru, pembelian peralatan baru, peningkatan kemampuan karyawan, perubahan sistem kepegawaian, dsb.
-        Para pendidik sering menggunakannya untuk melihat kedudukan siswa, prestasi belajar, efektivitas metoda pembelajaran, atau media pembelajaran.
-        Para psikolog banyak menggunakan statistika untuk membaca hasil pengamatan baik melalui tes maupun obserbasi lapangan.

MACAM-MACAM DATA
Menurut Cara Penyajiannya
  • Data Tunggal
  • Data Kelompok
  • Data Contin.
  • Data Diskrit
Menurut Sifatnya
 Menurut Cara Memperolehnya
  • Data Primer
  • Data Sekunder

PENGERTIAN DATA KUANTITATIF DAN KUALITATIF
a. Data kuantitatif adalah data yang berupa bilangan, nilainya bisa berubah-ubah atau bersifat variatif. Data kuantitatif terbagi atas 2 bagian, yaitu data cacahan dan data ukuran.
1) Data cacahan (data diskrit) adalah data yang diperoleh dengan cara membilang. Contoh:
·            Pegawai di perusahaan X terdiri atas 160 laki-laki dan 70 perempuan.
·            Guru yang berpendidikan sarjana di SMA Bina Bangsa berjumlah 6 orang.
·            Peserta SPMB pada tahun 2004 berjumlah 120.000 orang.
2) Data ukuran (data kontinu) adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur. Contoh:
·            Panjang lintasan jalan tol X adalah 12,8 km.
·            Suhu badan penderita penyakit demam berdarah itu 41°C.
·            Kecepatan kereta api ekspres Bandung–Jakarta adalah 110 km/jam.

b. Data kualitatif adalah data yang bukan merupakan bilangan, tetapi berupa ciri-ciri, sifat-sifat, keadaan, atau gambaran dari kualitas objek yang diteliti. Golongan data ini disebut atribut. Sebagai contoh, data mengenai kualitas suatu produk, yaitu baik, sedang, dan kurang.

PENGERTIAN DATA TUNGGAL DAN DATA KELOMPOK
  • Data Tunggal: adalah data yang disajikan satu persatu sesuai dengan besarnya nilai data.
  • Data Kelompok: adalah data yang disajikan sesuai dengan kelompok nilai data atau biasa disebut dengan kelas interval. Dalam mengelompokkan data, harus diperhatikan jenis dan kategori data yang akan dikelompokkan karena hanya data yang sejenis atau berkategori sama yang dapat dikelompokkan.

Pengertian data diskrit dan data kontinu
1.     Data diskrit adalah data yang sifatnya terputus-putus, nilainya bukan merupakan pecahan (angka utuh). Contoh data diskrit adalah data tentang jumlah penduduk, kendaraan dan sebagainya,
2.     Data kontinyu adalah data yang sifatnya sinambung atau kontinyu, nilainya bisa berupa pecahan. Contoh data kontinyu adalah data tentang hasil panen padi, panjang jalan, berat sapi dan sebagainya.

Syarat data yang baik
Data dapat dikatakan baik jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1.      Objektif, artinya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
2.      Representatif,artinya mewakili (persoalan yang ada) sesuatu yang lebih luas.
3.      Mempunyai (Tingkat) Kesalahan Baku Yang Kecil.
4.      Up To Date,data harus masih baru atau tidak kadaluwarsa.
5.      Relevan,data yang dihasilkan harus ada hubungannya dengan persolan yang akan dipecahkan.

Pengertian populasi dan sampel
Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi atau studi populasi atau study sensus (Sabar, 2007).
Pengertian dari sampel adalah sebagian dari subyek dalam populasi yang diteliti, yang sudah tentu mampu secara representative dapat mewakili populasinya (Sabar,2007).

Cara mengumpulkan data
Ada beberapa teknik dalam pengumpulan data yaitu angket, wawancara, observasi, studi komunikasi, dan teknik lainnya.
1. Angket
Angket adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau mengirimkan daftar pertanyaan untuk diisi sendiri oleh Responden dan responden itu merupakan orang yang memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan – pertanyaan yang diajukan. Untuk dapat menggunakan teknik ini responden harus mempunyai tingkat pendidikan yang memadai untuk dapat membaca dan menuliskan jawabannya.
2. Wawancara 
Wawancara (interview) adalah pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan secara langsung oleh pewawancara kepada responden, dan jawaban – jawaban responden dicatat atau direkam dengan alat perekam . Teknik wawancara dapat digunakan pada responden yang buta huruf atau tidak terbiasa membaca dan menulis, termasuk anak-anak.
3. Observasi
Observasi dalam artian sempit adalah pengamatan dengan menggunakan indera penglihatan yang berarti tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
4. Studi Dokumentasi
Studi Dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subjek penelitian. Dokumen yang diteliti dapat berupa berbagai macam , tidak hanya dokumen resmi.
Dokumen dapat dibedakan antara 2 yaitu : dokumen primer dan sekunder. Dokumen primer merupakan dokumen yang ditulis oleh orang yang langsung mengalami suatu peristiwa (contoh: otobiografi). Dan dokumen sekunder merupakan dokumen yang ditulis orang lain yang selanjutnya ditulis oleh orang ini (contoh: biografi)

CONTOH POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN
Guru Smk Negeri 1 Nanga Pinoh meneliti seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 146 orang  ternyata siswa yang berprestasi hanya 20 orang sehingga 20 orang siswa yang berprestasi ini berhak menerima beasiswa. Seluruh siswa kelas 12 berjumlah 146 orang disebut populasi dan 20 orang yang berprestasi disebut sampel


Daftar pusaka


No comments :

Post a Comment