MAKALAH
“Hardware
komputer”
DISUSUN
OLEH
SMA SANTA MARIA
NANGA PINOH
KABUPATEN MELAWI
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmat dan
nikmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Makalah tentang Hardware
Komputer.
Saya
menyadari sepenuhnya masih banyak terdapat kekurangan dalam penyusunan makalah
ini, baik dari segi isi maupun penulisannya. Untuk itu kritik dan saran dari
semua pihak yang bersifat membangun senantiasa penulis harapkan demi
penyempurnaan makalah ini dimasa yang akan datang.
Pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terima kasih atas segala bantuan semua pihak sehingga makalah ini
dapat terselesaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca maupun
pihak-pihak yang membutuhkan.
Nanga Pinoh, Maret 2015
Penyusun
Adenita
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang........................................................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah....................................................................................................................... 1
C.
Tujuan Penulisan......................................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Perangkat Keras (Hardware).................................................................................... 2
B.
Komponen Hardware................................................................................................................. 2
1. Fungsi
Komponen Hardware............................................................................................... 2
BAB III KESIMPULAN...................................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................................ 8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kemajuan teknologi pada Era Globalisasi saat ini sudah
sangat berkembang pesat, kebutuhan akan teknologi computer sudah menjadi kebutuhan
bagi orang banyak, karena akan sangat membantu efisiensi dan efektivitas
kegiatan hidup manusia, terutama pada kalangan eksekutif. Komputera dalah suatu
alat elektronika yang mempunyai kemampuan untuk melakukan perhitungan dan
membuat keputusan logika dengan waktu yang jauh lebih cepat dari yang
dapatdilakukan manusia.
Teknologi komputer yang kita kena ltidak terlepas dari
dua komponen yaitu :hardware (perangkatkeras) dan software (perangkatlunak) yang saling berkaitan
dan mendukung satu sama lain. “Kompute rmemproses data dengan menggunakan
kendali dari sekumpulan instruksi yang disebut dengan program komputer.Program
computer ini memandu kerja dari komputer yang secara berstruktur yang disusun
oleh orang yang disebut programmer.Berbagai peralatan terdapat di dalam suatu
system komputer yang disebut dengan perangkat keras( hardware atau sering
disingkat h/w), di antaranya adalah keyboard, monitor, disk, memory, dan CPU.
Sedangkan program untuk menjalankan suatu computer disebut perangkat lunak (software
atau disingkat s/w).dengan demikian system computer terdiri dari perangkat
keras dan perangkat lunak serta manusia yang mengoperasikan maupun yang
memprogramnya (brainware atau sering disingkat b/w)”(Julio, 2011)
Komponen hardware (perangkatkeras) dalam system
computer meliputi, input divice (unit masukan), process device (unit proses),
output device (unit keluaran), backing storage (unit penyimpanan), peripheral
(unit tambahan) (VICKY, 2011).Selanjutnya akan diuraikan lebih lanjut dalam
pembahasan pada makalah ini.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian perangkat keras ?
2. Apa
saja komponen dan fungsi perangkat keras ?
C.
Tujuan
Penulisan
1. Untuk
mengetahui pengertian perangkat keras
2. Untuk
mengetahui komponen perangkat keras
3. Untuk
mengetahui fungsi perangkat keras
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua
bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di
dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan denganperangkat lunak (software)
yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Hardware dalam bahasa Indonesia
disebut juga dengan nama “perangkat keras” yaitu salah satu komponen dari
sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau
yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan atau disebut juga dengan
istilah “instruction set”. Adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware,
maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan
oleh pemberi perintah. (Gambar perangkat keras komputer, 2012)
B.
Komponen
Hardware
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada pada komputer dengan baik. Komponen
komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : Input divice
(unit masukan); Process device (unit Pemrosesan); Output device (unit
keluaran); Backing Storage ( unit penyimpanan); dan Periferal ( unit
tambahan). (Perangkat Keras, 2012).
1. Fungsi
Komponan Hardware
a. Unit
Device (Unit Masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data
dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu
terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar
digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan
sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk
merekam suara ke dalam komputer. (worldpress.com.id, 2012)
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device
selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua
yaitu :
§
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
§
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui
media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari
beberapa macam peranti yaitu :
Ø
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.
Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis
QWERTY. Pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO
(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah
104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu
port serial, ps2, usb dan wireless.
Ø
Mouse
Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse,
sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari
tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol
kanan.
Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps2, usb dan wireless.
Ø
Touchpad
Unit masukkan ini
biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan
sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
Selain touchpad ada model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan
trackball.
Ø
Light Pen
Light pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Ø
Joystick
Alat ini biasa
digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.
Ø
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun
floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya
adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat
melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik
dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang
biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang
biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian
Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang
dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner
untuk mengcopy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas
OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam
bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi
DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner
untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir
untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan
pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol
serta dapat menggunakan kertas biasa.
Ø
Microphone
atau Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
b. Process
Device (Unit Pemrosesan)
Unit pemrosesan atau
CPU (Central Processing Unit) merupakan alat atau unit terpenting dalam sistem
komputer. Tugas utamanya adalah mengontrol keseluruhan sistem komputer selama
pengolahan data berlangsung. CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi
program yang pada komputer mikro disebut microprocessor, pemroses ini terdiri
dari ribuan dan jutaan IC. CPU terdiri dari 2 bagian utama yaitu unit kendali
(control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). (hardware komputer,
2012).
Ø
Power Supplay
Power
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya
sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer
yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt
dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (
unit tambahan).
Ø
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access
Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM
merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat
penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai
data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi
informasi.
Ø
Kartu grafis
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi
yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar.
Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap
pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti
menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4,
FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang
membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
Ø
Prosesor
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan
CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi
perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan
menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi.
Ø
Motherboard
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit
tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa
disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti
Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC
yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC
IBM.
c.
Output
Device (Unit Keluaran)
Alat yang menampilkan hasil pengolahan data yang
dilakukan CPU.
Ø Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini
berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan
data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat
resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar
yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah
sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Ø Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang
dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa
tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang
sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix,
printer Ink jet, dan printer Laser jet.
Ø Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada
umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi
audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
BAB
III
KESIMPULAN
Berdasarkan
uraian materi yang terdapat dalam bab pembahasan, dapat diambil kesimpulan:
1.
Perangkat keras komputer (hardware) merupakan salah
satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi
2.
Hardware memiliki beberapa komponen yang terbagi
berdasarkan fungsinya, meliputi : Input device (unit masukan); Process device
(unit Pemrosesan); Output device (unit keluaran); Backing Storage ( unit
penyimpanan); dan Periferal ( unit tambahan).
3.
Fungsi komponen hardware, yaitu:
§
Input device : Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan.
§
Process device : Unit ini berfungsi sebagai tempat
pemroses instruksi-instruksi program yang ada pada komputer dan mengontrol
keseluruhan sistem komputer selama pengolahan data berlangsung.
§
Output device : Unit ini berfungsi sebagai alat yang
menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan CPU.
DAFTAR
PUSTAKA
http://aditama.mywapblog.com/makalah-hardware-komputer-kelas-multimed.xhtml
https://kelasemikalsum71.wordpress.com/2013/03/27/makalah-hardware/
terimakasih atas infonya
ReplyDeletepenjepit pcb