iklan

Monday, 14 August 2017

dampak bermain game bagi pelajar





ABSTRAK
     
       Karya Ilmiah yang berjudul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar “.
Dalam karya ilmiah ini, terdapat banyak para remaja senang meluangkan waktunya untuk bermain game, dari pada  melakukan aktivitas yang bermanfaat.Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk memberitahukan  kepada pelajar – pelajar yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.  Bahwa bermain game itu bukanlah hal yang baik apabila  untuk di jadikan kebiasaan karena, bermain game itu dapat menjadikan pelajar – pelajar malas dengan kewajiban - kewajiban yang harus di laksanakan. Metode yang kami gunakan  dalam karya tulis ilmiah adalah dengan teknik wawancara.





LEMBAR PERSETUJUAN

JUDUL                             :      DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR
DISUSUN OLEH             :    1. NAMA            
2. SEMESTER 
3. NIM                : 
4. PRODI            :

                                                  

Karya Ilmiah Ini Telah Disahkan dan Disetujui
 Di Nanga Pinoh, Tanggal         Januari 2015



Dosen Pengampu                                                              Penyusun Karya Ilmiah


                                        





KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kasih karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar”. Karya Ilmiah  ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah.
Terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada:
1.      Ibu Mardiana, S.Pd, M.Pd selaku dosen pengampu Ilmu Sosial dan Budaya Dasar di STKIP Melawi.
2.      Orang Tua Penulis yang telah memberikan dukungan dalam pembuatan makalah ini.
3.       Teman-teman yang telah mendukung penulis dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari karya ilmiah ini masih banyak kekurangan oleh karena itu, penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang akan semakin membagun demi mengembangkan dan penyempurnaan makalah ini.                                
Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Nanga Pinoh,     Januari 2015
Penulis,


DAFTAR ISI

ABSTRAK............................................................................................................ i
LEMBAR PERSETUJUAN................................................................................. ii  
KATA PENGANTAR.......................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ vi
BAB I. PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang ..................................................................................... 1
B.       Rumusan Masalah................................................................................. 1
C.       Tujuan Penelitian.................................................................................. 2
D.      Manfaat Penelitian................................................................................ 2
BAB II. KAJIAN TEORITIS DAN METODOLOGI PENULISAN
A.   Kajian Teoritis....................................................................................... 3
B.       Kerangka Berpikir................................................................................. 4
C.       Metodologi Penulisan........................................................................... 4
BAB III PEMBAHASAN
A.      Dampak Positif Game Online .............................................................. 5
B.       Dampak Negatif Game Online............................................................. 8
C.       Cara Mengatasi Dampak Negatif  Game Online.................................. 11
D.      Hasil Penelitian..................................................................................... 12
BAB IV PENUTUP
A.      Kesimpulan .......................................................................................... 14
B.       Saran .................................................................................................... 14
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BIODATA PENELITI


DAFTAR LAMPIRAN

WAWANCARA................................................................................................... 16
BIODATA YANG DIWAWANCARA.............................................................. 17


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
       Di zaman Globalisasi ini, para pelajar dari SD sampai SMA yang sangat di gemari adalah “Game”.Pada zaman dahulu game – game sudah ada tapi game yang tidak perlu mengeluarkan biaya /  listrik.
Contoh game tradisional: main kelereng, main petak umpet, baksodor dan yang lainnya, dengan seiring perkembangan tahun, game – game tradisonal pun mulai di tinggalkan oleh kalangan pelajar.
Yang mereka gemari sekarang ini, adalah game –game  yang moderen seperti: Game Online, game yang di rental – rental yang di sebut platation, maupun game- game yang ada di Hp serta di warnet. Dan di tiap – tiap kota maupun desa, banyak terdapat tempat game, game online maupun platation. Dan akibat para pelajar yang serig bermai game – game moderen akan menjadikan pelajar menjadi malas  untuk melakukan kegiatan – kegiatannya sehari hari.

B.       Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, peneliti membuat rumusan masalah yang berisi sebagai berikut:
1.    Apa pengertian game ?
2.    Apa dampak dari bermain game ?
3.    Bagaimana cara mengatasi dampak dari bermain game ?
C.      Tujuan Penelitian
Kami meneliti ini, bertujuan untuk memberi motivasi kepada para pelajar yang sering bermain game untuk mengetahui dampak bermain game.

D.      Manfaat Penelitian
Agar para pelajar dapat mengetahui apa saja dampak dalam bermain game moderen.













BAB II
KAJIAN TEORITIS DAN METODOLOGI PENULISAN

A.      Kajian Teoritis
Di dalam KBBI Main berarti: melakukan permainan untuk menyenangkan hati. Dalam pengertian yang luas game berarti:”Hiburan”sementara game dapat di artikan : sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya andang ismail (2009:26)menuturkan bahwa  permainan ada 2 pengertian yaitu:
1.    Permainan adalah sebuah aktivitas bermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari menang / kalah.
2.    Pemain adalah sebagai aktivitas bermain yang di lakukan dalam rangka mencari kesenangandan kepuasan .
Menurut Kimpraswil (dalam As’adi Muhammad 2009:26)
Mengatakan bahwa definisi permainan adalah : usaha oleh diri (oleh pikiran dan oleh fisik) yang sangat bermanfaatbagi peningkatan dan
pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.
Menurut  Joan Fream dan Utami munadar(dalam andang ismail2009:27) mendefinisikan permainan sebagai suatu aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik intelektual, social, moral dan emosional.

Menurut Hans Daeng(dalam andang ismail, 2009:17) sebagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak.
Sejarah  dari game yang pertama muncul dari ATARI 2.600 merupakan console game yang sukses di masanya di rilis pada Oktober 1977 game elektronik pada generasi ke 2 muncul ATARI 7800 konsol di rilis pada juni 1986.Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti :dasar permainan. Permaina dalam hal menuju pada pengertian “kelincahan intelektual”.
Di dalam WIKIPEDIA  BAHASA INDONESIA, “Permainan” adalah sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang – senang, mengisi waktu luang.

B.       Kerangka Berpikir
 






C.       Metodologi Penulisan
Dalam membuat karya tulis ini saya mendapatkat informasi dari internet untuk melengkapi data-data yang ada dan juga melalui wawancara kepada pemain-pemain Game.

BAB III
PEMBAHASAN

A.      Dampak Positif Game Online
1.    Penggunaan Bahasa Inggris
Salah satu permainan yang cukup popular di kalangan anak-anak adalah Game Online dan Game Konsol. Permainan ini biasanya dibuat oleh perusahaan luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris. Saat memainkannya, anak secara tak langsung diharuskan untuk menguasai Bahasa Inggris agar bisa menyelesaikan tantangannya. Ini adalah cara yang menyenangkan bagi anak untuk belajar bahasa, karena tidak membebani mereka untuk duduk diam dan belajar.
  1. Melatih Logika
Game bergendre strategi. Saat bermain, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memanangkan game tersebut. Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang dihadapi.
  1. Melatih Kemampuan Spasial
Melalui permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan visualisasi akan terasah atau terlatih. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung anak-anak. Selain itu, permainan juga akan membantu penggunaan motorik halus anak.
  1. Pengenalan Teknologi
Game Online dan Game Konsol secara tak langsung akan mengajarkan anak untuk lebih memahami teknologi informasi yang sedang berkembang sekarang ini.
  1. Kemampuan Membaca
Bagi anak yang belum lancar membaca, Game Konsol bisa jadi alat bantu yang tepat untuk membantu anak belajar membaca. Beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narrator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.
  1. Melatih Kerjasama
Pada Game Multiplayer atau game berpasangan, anak diajak untuk bisa berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan teman-temannya ( anggota di dalam permainan ).
  1. Stimulasi Otak
Para pemain bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan scenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka.


  1. Mengembangkan Imajinasi
Permainan bisa membantu anak untuk mengembangan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk meyeimbangkan berbagai kejadian dalam game dan diaplikasikan di dunia nyata ( yang relevan dan positif ).
  1. Belajar Ekonomi
Banyak game yang mengajarkan anak nilai-nilai ekonomi, misalkan permainan berbelanja, mengatur restoran, dan lain-lain. Permainan ini mengajarkan nilai uang dengan cara mendapatkan uang dan menukarkannya dengan objek atau barang yang bisa memfasilitasi dalam bermain game tersebut.
  1. Meningkatkan Interaksi Keluarga
Game tidak hanya bisa dimainkan oleh anak, tapi juga orang tua. Tak ada salahnya untuk sesekali bergabung dengan anak untuk bermain bersama. Kebersamaan saat bersenang-senang ini akan meningkatkan keakraban dan interaksi dalam keluarga.
Dampak Positif Game Online menurut Jan Nehemiah :
1.    Bisa belajar Bahasa Inggris secara tidak langsung
2.    Memiliki banyak teman ( walaupun hanya sebatas dunia maya )
3.    Dapat menghasilkan uang ( Mengikuti berbagai Turnamen dan berbagai kompetisi game online lain yang bisa mendapatkan hadiah berupa uang )
4.    Sebagai refreshing ketika selesai ulangan
     
B.       Dampak Negatif Game Online
1.    Menimbulkan Adiksi (Kecanduan)
Sebagian besar game yang beredar saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan karena peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan psikologis pemain game.
2.    Mendorong melakukan hal-hal negatif
Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini biasanya juga berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan menggunakan keylogger, software cracking dll.Bentuk pencurian ini tidak hanya terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan pencurian uang – meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.
3.    Berbicara kasar dan kotor
Entah ini terjadi di seluruh dunia atau hanya Indonesia tetapi sejauh yang penulis temui di warnet-warnet diberbagai kota. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat bermain di warnet atau game center.
4.    Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata
Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas di game dan rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun perkerjaan menjadi terbengkalai karena bermain game atau memikirkannya. Apalagi banyak permainan yang terus berjalan meskipun kita sudah offline.
5.    Perubahan pola makan dan istirahat
Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy hour (internet murah pada malam-pagi hari).
6.    Pemborosan
Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.
7.    Menggangu kesehatan
Duduk terus menerus didepan komputer selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.
Contoh Penyakit Yang Dapat Ditimbulkan Karena Game Online :
Eye Strain
adalah kelelahan mata yang terjadi karena penggunaan mata secara berlebihan, melihat obyek yang sama secara terus menerus misalnya layar komputer, TV, mikroskop dan mengendarai mobil. Pada online gamers selain melihat monitor terus menerus, mata juga semakin jarang berkedip yang justru menambah kelelahan.
Ambeien
Duduk dalam jangka waktu lama dapat menganggu sirkulasi darah dan menekan pembuluh darah vena disekitar anus, menimbulkan penonjolan pembuluh darah yang terasa panas dan sakit yang disebut ambeien atau wasir.
Carpal Tunnel Syndrome
adalah penyakit yang disebabkan karena tekanan dan ketegangan pada saraf di pergelangan tangan yang berfungsi merasakan dan pergerakan untuk bagian tangan dan jari. Tekanan dan ketegangan ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, kelemahan, atau kerusakan otot pada tangan dan jari
Menurunkan Metabolisme
Duduk tanpa aktifitas fisik terlalu lama membuat otot tidak melakukan aktifitas yang berakibat menurunnya metabolisme. Dalam jangka panjang dampaknya diantaranya menurunnya massa otot, kegemukan, menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit. Sebenarnya ini efek-efek yang ditimbulkan diatas tidak terbatas pada game online saja tetapi juga bisa terjadi pada sebagian besar orang yang memainkan konsol game atau game pada ponsel pintar karena pada dasarnya kebanyakan game dibuat supaya pemainnya ingin memainkannya secara berulang-ulang dan kecanduan, tetapi dampaknya lebih besar pada online gamers karena tingkat kecanduan yang tinggi.
C.      Cara Mengatasi Dampak negatif Game Online
·       Cara Agar Tidak Kecanduan :
1.       Mengatur waktu belajar dan waktu bermain.
2.       Menabung uang untuk hal-hal yang lebih bermanfaat
3.       Membuat perencanaan hidup kedepan.
4.       Menyadari dampak negatif dari kecanduan game online
5.       Berteman dengan orang yang baik dan memiliki tujuan hidup.
6.       Banyak melakukan ibadah.
7.       Selalu berfikir positif dan menghindari malas-malasan.
·       Cara Mengatasi Orang yang sudah Kecanduan :
1.         Dengan melakukan aktivitas-aktivitas luar rumah seperti memanjat pohon, merasakan rumput di kaki dan merasakan matahari di wajah.
2.         Dengan metode spiritual thinking, yaitu dengan dengan mengalihkan energi dan gairah pelajar tersebut menuju hal-hal yang kreatif dan positif. Jika mereka bisa memprogramkan diri untuk menyenangi televisi dan bermain game online, mereka mestinya juga bisa diprogramkan untuk hal-hal lain yang lebih baik. Jika ia bisa candu untuk bermain  game online, maka merekapun juga bisa diprogramkan untuk candu belajar.
·       Hal-hal yang dapat dilakukan orang tua
1.         Bekerjasama dengan guru di sekolah untuk turut memantau perkembangan belajar siswa.
2.         Menjalin komunikasi informal agar seorang anak bisa terbuka pada orang tua, sehingga orang tua bisa memberikan pendidikan pada seorang anak tanpa sang anak merasa dihakimi.
3.         Belajarlah tentang game online. Sehingga Anda bisa berdiskusi dengan anak Anda tentang permainan tersebut. Jika ini bisa terjadi, anak tidak akan perlu mencari pelarian dengan kawan-kawannya untuk sekedar berdiskusi tentang permainan game online. Sehingga anak bisa lebih betah di rumah karena bisa mendapatkan kawan mengobrol yang memahami dunia mereka.
4.         Berikan waktu khusus bermain game online, dan tegasi anak Anda untuk tidak bermain di luar waktu yang sudah disepakati. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak sekedar melarang, namun memberikan kelonggaran. Di sisi lain Anda mengajarkan anak Anda untuk bertanggung jawab pada waktu yang dimilikinya.

D.      Hasil Penelitian
Para pelajar yang kami wawancarai kebanyakan sering sekali bermain game hanya satu yang menjawab tidak pernah dari 4 sempel yang kami wawancarai rata-rata mereka bermain sampai  2 jam, perjamnya mereka harus mengeluarkan uang Rp 4.000.00 / jam untuk warnet sedangkan PS berkisar antara 5000 s/d 8000 / jam ada juga yang mengaku bermain sampai 4 jam mereka mengatakan bahwa  bermain game itu sangat mengasyikkan dan  untuk hiburan karena  mereka merasa bosan di rumah, orang tua mereka tidak melarang mereka untuk bermain game. Mereka bermain game 1 minggu sekali, 1 bulan  2 kali malahan ada yang setiap hari. Setelah bermain game tidak merasakan keluhan apapun tetapi, ada juga yang merasakan pegal – pegal ataupun matanya sakit karena, terlalu lama bermain game, Mereka biasanya bermain game di rental game dekat dengan rumah mereka, uang di digunakan untuk bermain, game biasanya dari orang tua mereka ataupun mereka mengumpulkan uang saku mereka, game yang sering di mainkan oleh para pelajar adalah: sepak bola, gitar hero, balap mobil, pointblank, GTA SAN ANDREAS, Game Online, Facebook


BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan.
Dalam perjalanannya, Game Online telah menjalani perkembangan yang pesat, baik dari segi teknologinya mulai dari dahulu hanya dipakai oleh militer untuk keperluan militer hingga bisa menjadi industri maupun dari ragam jenisnya. Game online juga sudah mempengaruhi cara kita bersosialisasi dengan orang lain. Game online membuat kita dapat berinteraksi secara tidak langsung dengan orang lain. Akan tetapi efek dari games online juga dapat berdampak buruk tergantung pada diri masing- masing bagaimana cara mengontrolnya.

B. Saran
Seharusnya, para pelajar hendaknya memahami bahwa mencari uang itu tidak mudah, dan seharusnya para remaja itu mengingat kewajibannya sebagai seorang pelajar, tetapi bermain game itu boleh saja, asal tidak terlalu sering, sebaiknya para pelajar beralih ke membaca buku, majalah supaya menambah ilmu pengetahuan, belajar membaca buku pelajaran ataupun menonton tv dirumah tetapi menonton yang ada manfaatnya saja seperti : berita, edukasi, da’ i muda pilihan dan lainnya. 
       Tapi menonton tv  harus tau jadwal  jamnya, dan jangan menonton tv terus.


DAFTAR PUSTAKA

http// cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/ pengertian game-hlml.
http// bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/ index.php.
keraf,gorys.1979.komposisi ende flores: Nusa Indah.
http// id.wikipedia.org/ wiki/ permainan.













LAMPIRAN
1.             Apakah anda pernah main game ?
PERNAH
2.             Biasanya berapa jam bermain game ?
1 JAM 30 MENIT
3.             Berapa biayanya ?
Rp 5000
5.             Apa bermain game itu mengasyikkan ?
YES
6.             Mengapa anda senang bermain game ?
KARENA MENGHIBUR
7.             Apakah orang tua anda tidak memarahi ?
TIDAK KARENA MENCARI UANG SENDIRI, KADANG JUGA MARAH
8.             Dalam satu minggu berapa kali ?
3 KALI
9.             Adakah keluhan bermain game ?
TIDAK
10.         Dimana tempat bermain game ?
RIFA COMPUTER
11.         Uang dari mana ?
HASIL KERJA/SAKU
12.         Permainan apa saja yang sering anda mainkan ?
FACEBOOK, POINTBLANK, GTA, GAME ONLINE


BIODATA

BIODATA  PENELITI I
 





Nama                          : Rival Adi
Tempat tanggal lahir  : Singkawang, 19 September 2000.
Alamat rumah             : Desa Sidomulyo Rt 03 Rw 01 Kec.
                                     Nanga Pinoh Kab. Melawi.
Sekolah                       : SMP NEGERI 02
Cita – cita                    : Polisi
Hobi                            : Balap

BIODATA  PENELITI II
Nama                          : Muhammad Arya
Tempat tanggal lahir   : Sintang, 1 januari 2001.
Alamat rumah             : Desa Sidomulyo Rt 07 Rw 01 Kec.
                                     Nanga Pinoh Kab. Melawi.
Sekolah                       : SMP NEGERI 02
Cita – cita                    : Tentara
Hobi                            : Balap



BIODATA  PENELITI III
Nama                          : Yeng Sabri
Tempat tanggal lahir   : Kota Baru, 2 September 1999.
Alamat rumah             : Desa Sidomulyo Rt 06 Rw 01 Kec.
                                     Nanga Pinoh Kab. Melawi.
Sekolah                       : SMA NEGERI 01/SUDAH BERHENTI
Cita – cita                    : Pilot
Hobi                            : Photografer

BIODATA  PENELITI IV
Nama                          : Randa Kaswara
Tempat tanggal lahir   : Nanga Pak, 29 Oktober 1999.
Alamat rumah             : Desa Sidomulyo Rt 04 Rw 01 Kec.
                                     Nanga Pinoh Kab. Melawi.
Sekolah                       : SMK NEGERI 01 NANGA PINOH
Cita – cita                    : Arsitek
Hobi                            : Memancing


No comments :

Post a Comment