iklan

Monday 14 August 2017

karya ilmiah bahaya merokok




KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang masih memberikan kesehatan dan kesempatannya kepada kita semua, terutama kepada penulis. Sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini.
Berikut ini, penulis persembahkan sebuah karya ilmiah yang berjudul Rokok”. Penyusun mengharapkan karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, terutama bagi penyusun sendiri.
Kepada pembaca yang budiman, jika terdapat kekurangan atau kekeliruan dalam karya ilmiah ini, penulis mohon maaf, karena penyusun sendiri dalam tahap belajar.
Akhirnya, tiada gading yang tak retak, meskipun dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis telah mencurahkan semua kemampuan, namun penulis sangat menyadari bahwa hasil penyusunan karya ilmiah ini jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan data dan referensi maupun kemampuan penulis. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran serta kritik yang membangun dari berbagai pihak.
Dengan demikian, tak lupa penulis ucapkan terimakasih, kepada para pembaca. Semoga Tuhan memberkahi karya ilmiah ini sehingga benar-benar bermanfaat. Amin
Nanga Pinoh,      Januari 2015

Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang..................................................................................... 1
B.     Perumusan Masalah.............................................................................. 1
C.     Tujuan dan Manfaat Penulisan............................................................. 2
BAB II KAJIAN TEORI DAN METODE PENULISAN
A.    Kajian Teori.......................................................................................... 3
B.     Metode Penulisan................................................................................. 3
C.     Kerangka Teori..................................................................................... 3
BAB III PEMBAHASAN
A.    Pengertian Rokok dan Dampak dari Rokok......................................... 4
B.     Zat-Zat yang Terkandung didalam Rokok........................................... 5
C.     Faktor Penyebab Perilaku Merokok pada Remaja................................ 7
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan........................................................................................... 8
B.     Saran..................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai bangsa dibelahan dunia. Mayoritas perokok diseluruh dunia ini, 50 % adalah pria sedangkan 15 % adalah wanita dengan berbagai kategori umur. Latar belakng mereka merokok berbagai alasan bagi kalangan remaja. Pria adalah sebagai faktor gengsi dan agar disebut jagoan ada juga yang mengatakan kalau tidak merokok tidak ganteng, sedangkan kalangan orang tua dapat disebabkan stres dan karena ketagihan adalah faktor penyebab mereka merokok.
Berbagai alasan dan faktor penyebab untuk merokok diatas biasanya kalah apabila beradu argumen dengan pakar yang ahli tentang potensi berbahaya atas apa yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain dan lingkungan. Harus diakui banyak perokok yang mengatakan bahwa merokok itu tidak enak. Tetapi, dari sekian banyak iklan, poster, sampai kampanye anti rokoknya diberi peringan akan bahaya merokok bagi kesehatan. Tetapi, tak bisa mengubris secara massal berkurangnya kebiasaan merokok dan jumlah perokok yang semakin meningkat.

B.       Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah kami uraikan maka masalah yang akan kami bahas yaitu ?
1.      Apa dampak dari merokok ?
2.      Zat apa yang terkandung didalam  dan yang paling berbahaya didalam rokok ?
3.      Apa aktor penyebab perilaku merokok pada remaja ?

C.      Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.      Tujuan Penulisan
-          Untuk mengetahui bahaya merokok.
-          Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada remaja.
-          Untuk mengetahui apa itu rokok.
2.      Manfaat Penulisan
 Banyak sekali manfaat dari penulisan ini salah satunya para perokok dapat mengetahui apa saja bahaya merokok bagi kesehatan anda dan zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan.



BAB II
KAJIAN TEORI DAN METODE PENULISAN

A.      Kajian Teori
Teori ini kami simpulkan dari lingkungan sekitar kita (source: htttp://ocha-katacinta.blogspot.com/2012/or/contoh-karya-tulis-ilmiah-tentnag.html).

B.       Metode Penulisan
Disini kami menggunakan metode :
-       Diskriptif
-       Wawancara, observasi

C.      Kerangka Teori
-       Pengertian rokok
-       Dampak dari merokok
-       Faktor penyebab merokok pada remaja
-       Upaya mengatasi rokok



BAB III
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Rokok dan Dampak dari Rokok
Rokok adalah silinder dari kerta berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara produksi) dengan diameter 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.
Ada dua jenis rokok yaitu rokok yang berfilter  dan tidak berfilter. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintetis yang berfungsi menyaring nikotin.
Rokok biasanya dijual dalam kemasan kotak atau kemasan kertas supaya mudah dimasukan dalam kantong celana atau baju. Pada bungkusan rokok pada umumnya terdapat peringatan akan bahaya merokok misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung dapat digarin bawahi peringatan itu hanya hiasan, jarang sekali dpatuhi manusia dunia ini yang pertama kali merokok adalah suku bangsa indian, diamerika untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh pada abad ke-16. Ketika bangsa eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian kebiasaan merokok mulai muncul dikalangan bangsawan eropa. Tetapi, berbeda pada suku Indian yang merokok digunakan untuk keperluan ritual. Bangsa eropa menggunakan rokok untuk kesenangan semata.
Dampak dari merokok sebagai mana kita ketahui dalam asap sebatang rokok yang kita hisap, tidak jyrang dari 4000 zat kimia beracun. Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas (85 %) dan partikel. Nikotin, gas karbon monosida, nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak, akrolein, asetilen, benzaldehin urethan, ortokresol dan perylene adalah sebagai dari beribu-ribu zat dalam rokok.
Menurut penelitian organisasi kesehatan dunia (WHO), setiap satu jam, tembakau rokok membunuh 560 orang diseluruh duniam kalau dihitung satu tahun terdapat 4,9 juta kematian didunia yang disebabkan oleh tembakau rokok. Bahaya bagi tubuh yaitu bisa mengakibatkan kanker, paru-paru, impotensi dan gangguan pada janin, sedangkan bahaya bagi lingkungan yaitu menimbulkan polusi udara yang ditimbulkan polusi udara yang ditimbulkan dari asap rokok yang dihisap.
Sebenarnya yang paling bahaya diantara perokok pasif dan perokok aktif, perokok pasif lah yang paling berbahaya sebab rokok pasif menghisap asap rokok yang paling banyak. Rokok selain berbahaya dapat juga menimbulkan kecanduan pada perokok.

B.       Zat-Zat yang Terkandung didalam Rokok
Seperti kita ketahui banyak sekali zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok yang dapat merusak organ tubuh kita. Kandungan zat kimia yang terdapat didalam sebatang rokok itu berjumlah tiga ribu macam.
Menurut Terry dan Horn tetapi hanya tujuh ratus macam zat saya yang dikenal. Disini ada 15 macam zat berbahaya uang bisa anda ketahui, yaitu :
1.      Acrolien zat berbetuk cair tidak bewarna diperoleh dengan mengambil cairan dari giyceril atau dengan mengeringkannya.
2.      Karbon monoksida, zat yang tidak berbau dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna.
3.      Nikotin, cairan berminyak tidak bewarna.
4.      Ammonia, gas yang tidak bewarna.
5.      Formic Acid, gas tidak bewarna, tidak berbau, tidak ada rasa.
6.      Hydrogen cyanide
7.      Nitrous axide
8.      Fromaldehyde
9.      Phenol
10.  Acetol
11.  Hydrogen sulfide
12.  Pyridine
13.  Methyl chlorie
14.  Menthanol
15.  Tar
Rokok mengandung kurang lebih 4000 lebih elemen-elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

C.      Faktor penyebab perilaku merokok pada remaja
Ada beberapa faktor yang mendorong remaja untuk merokok, diantaranya :
1.      Faktor orang tua dan keluarga
Seorang remaja merokok dapat kita temui dalam rumah tangga yang tidak bahagia. Dimana orang tuanya tidak memperhatikan anaknya akan memperdulikannya. Selain itu, anak-anak yang mempunyai orang tua perokok lebih rentan untuk terpengaruh dan mencontoh yang merokok.
2.      Teman sebaya
Banyak fakta yang membuktikan bahwa remaja perokok, kemungkinan besar teman-temannya juga perokok.
3.      Iklan rokok
Tanpa kita sadari ternyata iklan-iklan diberbagai media dapat memicu remaja untuk merokok, gambaran perokok adalah lambang keglamaran cowok banget, memicu remaja untuk ikut berperilaku seperti itu.
4.      Upaya mengatasi rokok
Merokok disekolah yang dilakukan oleh siswa kini semakin banyak, itu dikarenakan siswa yang satu mengajak siswa yang lainnya atau dikarenakan oleh faktor pergaulan oleh karena itu para guru berperan penting untuk memberi larangan lebih tegas kepada siswa yang merokok supaya jera untuk tidak melakukan hal yang sama disekolah maupun diluar sekolah.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.      Kesimpulan
Rokok adalah selinder dari kertas berukuran panjang antara 70 sampai 120 mm (bervariasi tergantung negara yang memproduksinya) dengan diameter 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang sudah dicacah.
Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan hidup agar dapat dihisap ada dua jenis rokok yaitu rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintetis yang berfungsi menyaringn nikotin.

B.       Saran
Setelah membaca karya tulis ini, semoga masyarakat dapat tersadarkan akan bahaya rokok bagi kesehatan mereka dan segera meninggalkan kebiasaan merokoknya, supaya kesehatan mereka tetap terjafa dan nantinya menjadikan tubuh mereka sehat bugar dan terhindar dari penyakit



DAFTAR PUSTAKA

(source:http//ocha-katacinta.blogspot.com/2012/05/contoh-karya-tulis-ilmiah)




 


                                            

No comments :

Post a Comment